Makanan Khas Kota Bogor .

Makanan Khas Kota Bogor .

Kota bogor terletak diantara dua kota besar yaitu DKI Jakarta dan kota Bandung ibu kota Jawa Barat, Akses menuju kota Bogor sangat mudah kalau dari arah Jakarata 45 menit melalui Jalan Tol Jagorawi beitu juga dari arah yang lain. Kota bogor sangat terkenal dengan nama kota hujan. Selain beberapa julukan yang disebutkan tadi, apalagi yang menjadi hal yang identik dengan Bogor? Tentunya kita tidak bisa melupakan Kebun Raya dan istana kepresidenan yang merupakan simbol kota ini. Namun, setelah dalam beberapa tahun belakangan banyak berbagai toko-toko yang menjual keperluan sehari-hari dari pakaian, tas dan sepatu dengan harga pabrik (factory outlet), maka kita mulai mengidentikkan Bogor menjadi salah satu tujuan wisata belanja kita. Selain tempat belanja Bogor juga menjadi tempat rekreasi yang sangat terkenal seperti The Jungle, Kebun Raya Bogor dan masih banyak lagi tempat yang lainnya. Tempat-tempat hiburan ini sangat diminati oleh pengunjung terutama pada saat weekend .

Bogor juga merupakan kota yang memiliki keragaman makanan khas Kota Bogor yang sudah sangat terkenal diseluruh Nusantara. Apalagi dengan semakin banyaknya orang yang berkunjung ke kota ini, maka semakin menjamur pula berbagai toko-toko yang menjual bermacam-macam penganan khas Bogor, serta restoran-restoran dan tempat makan yang menyajikan makanan khas kota hujan ini. Tetapi sebelum menyebutkan makanan yang lezat kita membahas dulu tentang talas Bogor. Seperti yang kita ketahui talas adalah semacam tumbuhan umbi-umbian. Biasanya talas diolah menjadi gorengan atau direbus dan dicampur gula dan kelapa parut. Bogor sangat terkenal dengan talas-nya. dengan perkembangan teknologi sekarang ada tepung talas. Tepung talas sudah bisa dibuat berbagai macam jenis kue. Ada juga beberapa perlombaan yang diadakan oleh sekolah kejuruan yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas tentang pembuatan makanan dari talas bahan dasar talas. Talas bogor sudah sangat terkenal di Nusantara. Lalu apa saja sih makanan khas kota Bogor yang terkenal tersebut.
Sebut saja triple combo, triple combo adalah 3 macam kue (klaffertat, Macaroni schotel, Pastel tutup) triple combo ini saat ini sedang naik daun di kota bogor, jajanan khas kota bogor ini terbilang cukup baru dibandingkan dengan rotil unyil. keistimewaan triple combo adalah; kue ini sangat elegant dengan kemasan alumunium cup dan rasa yang khas yaitu makanan khas zaman kolonial. cita rasa yang lezat dan juga bergizi tinggi menjadikan triple combo banyak diminati oleh para pendatang ke Kota Bogor. Makanan ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas kota Bogor.
Ada juga makanan yang dijadikan oleh-oleh khan Bogor seperti yang berikut ini, makanan ini sebenarnya tidak bisa disebut sebagai makanan tradisional. Tapi karena kota Bogor adalah tempat di mana makanan ini dijual pertama kalinya, maka orang mengidentikkan-nya sebagai makanan khas Bogor. Yang kami bicarakan adalah Roti Unyil. Roti unyil ini sebenarnya roti biasa dengan berbagai isi dan rasa, tapi bedanya dalam ukurannya yang jauh lebih kecil dari pada roti biasa. Roti Unyil menpunyai ukuran yang kecil dan mungil, yang membuat roti ini terkenal adalah karena rasanya yang lezat dan mempunyai variasi yang beragam, ada isi Jagung manis, sosis, abon dan berbagai jenis yang lainnya. Roti unyil biasanya dibeli oleh pengujung untuk oleh-oleh.

Yang tidak kalah terkenal adalah Asinan Bogor, Siapa yang tidak tahu Asinan Bogor. Sepertinya hampir setiap orang yang berkunjung ke sana tidak akan lupa membeli makanan yang satu ini untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Bogor memang terkenal dengan asinannya. Asinan bogor terdiri dari asinan sayuran, asinan buah, dan campuran keduanya. Dengan kuah berwarna merah, rasanya manis, asam, sedikit pedas dan sangat menyegarkan. Asinan sayuran biasanya berisi sawi asin, kubis/ kol, ketimun, tauge, tahu putih, tahu kuning, dan daun antanan. Selain itu juga ada tambahan kacang tanah goreng, dan kerupuk mie. Asinan Bogor cukup unik karena bisa pedas dan tidak pedas, Dalam setiap bungkus asinan disisipkan Sambel cabe rawit ijo dan goreng kacang tanah kering.

Seperti namanya, asinan buah memang terbuat dari buah-buahan.Berbagai jenis buah-buahan bisa diolah menjadi asinan.Contohnya: salak, nanas, kedondong, bengkuang, jambu air, mangga, dan lain-lain. Rasanya juga perpaduan antara asam, manis dan pedas. Sangat segar dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Sedangkan asinan campur adalah campuran keduanya.

Satu lagi makanan khas Bogor yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat adalah Taoge Goreng. Makanan ini memang memiliki rasa yang unik tapi tidak semua orang menyukainya, karena sausnya yang terbuat dari campuran tauco dan oncom. Taoge goreng terdiri dari taoge yang direbus, mie kuning basah, tahu goreng, dan ketupat. Pada umumnya, taoge goreng dijajakan oleh pedagang dengan memakai pikulan. Pembungkusnya sangat unik karena terbuar dari sejenin daun patat. Ada satu makanan khas Bogor yang memiliki nama yang unik, “Doclang”. Makanan ini pada dasarnya menyerupai ketoprak Jakarta. Tapi doclang hanya terdiri dari ketupat, kentang rebus, tahu rebus, yang dipotng-potong dan kemudian disiram dengan bumbu kacang dan sedikit kecap. Lalu ditambah bawang goreng dan kerupuk. Selain itu, bumbu kacangnya tidak memakai bawang putih, berbeda dengan ketoprak.

Laksa adalah makanan khas Bogor berikutnya. Dalam penjelasan paling sederhananya laksa adalah bihun ditambah dengan berbagai tambahan lalu disiram dengan kuah santan yang kental dan gurih. Laksa Bogor biasanya menggunakan kuah santan berwarna kuning cerah, dan berisi bihun rebus, taoge mentah, daun kemangi, dan potongan oncom. Cara pembuatannya adalah, setelah semua bahan-bahannya yang disebutkan tadi disusun dalam sebuah mangkok, kemudian disiram dengan kuah laksa yang panas. Lalu kuah tersebut ditumpahkan lagi ke pancinya, dan dilakukan berulang-ulang sampai oncomnya matang, dan taoge serta kemanginya agak layu. Pada siraman terakhir, barulah ditambahkan potongan tahu yang direbus bersama kuahnya. Sebagi pelengkap ditambah sepotong telur rebus dan taburan serundeng kelapa. rasanya sangat lezat. Ada juga soto bening dan soto kuning. Kedua soto ini sebenarnya sama-sama soto daging sapi, tapi yang membedakan hanya warna kuahnya saja. Pada soto bening bumbunya adalah pala, kapulaga, cengkeh, dan kayu manis. Sedangkan soto kuning bumbu kuahnya antara lain kunyit, salam, serai, jahe, dan santan. Makanan ini mempunyai cita rasa khas Bogor.

Selain itu, Bogor juga memiliki berbagai penganan kecil yang tidak kalah terkenalnya. Salah satunya keripik talas, kacang Bogor kering, Manisan pala dan lain-lain, cemilan ini dapat ditemukan di toko-toko tempat penjual makanan atau pun diwarung kecil pingir Jalan di kota Bogor.

Selain makanan-makanan tadi, Bogor juga dikenal dengan berbagai buahnya, terutama Bisbul warna merah tua rasanya punya ciri khas tersendiri, Durian durian rancamaya durian ini sangat terkenal rasanya manis baunya menyegat dagingnya tebal, Nanas Bogor relatif kecil ukurannya dibanding Nanas Palembang yang bentuknya besar-besar. Apabila sudah matang, kulitnya akan berwarna kuning kemerahan. Ciri-cirinya antara lain adalah mata buah membusung, daging buahnya manis, renyah, sedikit kandungan airnya, dan memiliki serat yang halus. Kemudai buah menteng, Buahnya besar-besar menyerupai buah duku tapi kulitnya licin dan halus dan ranya asam manis. dan masih banyak buah yang lainnnya.
Kalau dibahas lebih lanjut masih banyak ciri khas makanan kota Bogor tetapi kalau hanya digambarkan tidak akan terkesan. Supaya anada menjadi terkesan dengan keneka ragaman kuliner khas kota Bogor silahkan Anda kunjungi Langsung kota Bogor dan buktikan keanekaragamannya. Berkunjung tidak akan lengkap tanpa anda beli oleh-oleh dan berbelanja dikota bogor.

5 Tanggapan to “Makanan Khas Kota Bogor .”

  1. MACCO BRO Says:

    terima kasih atas informasinya. Gara-gara membaca ini saya punya ide cerita untuk makanan khas bogor

  2. samin1 Says:

    Ok macco… bisa langsung kontek saya kalau mau lebih detail…

  3. Ovie Says:

    kalo mau beli tepung talas bogor bisa?dimana yaa?thx…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: